Tips dan Cara Membeli Motor Bekas

Tips Membeli Motor Bekas – Sekarang penggunaan kendaraan roda dua mengalami peningkatan yang sangat besar, bahkan kenaikan BBM tidak berpengaruh pada kebiasaan masyarakat menggunakan kendaraan motor. Dan sudah lumrah di mata kita ketika melihat anak di bawah umur menggunakannya padahal itu melanggar aturan dan membahayakan mereka.

Hal seperti tadi di atas merupakan salah satu akibat dari gaya hidup masyarakat yang sangat banyak bergantung pada kendaraan roda dua. Gaya hidup seperti sekarang ini di manfaatkan oleh banyak perusahaan yang bergerak di bidang penjualan motor dengan bekerja sama dengan beberapa perusahaan pembiayaan demi memudahkan para calon pembeli untuk mendapatkan kendaraan roda dua yang mereka inginkan dengan cara perusahaan pembiayaan dulu yang melunasi pembayaran kendaraannya kemudian para pembeli ini membayar perusahaan pembiayaan dengan cara kredit. Dengan begitu masyarakat merasa lebih mudah mendapatkan apa yang mereka inginkan walau dengan resiko kredit macet dan motor bisa ditarik kembali oleh dealer.

Tips dan Cara Membeli Motor Bekas

Selain itu masyrakat juga di mudahkan dengan banyaknya penyedia motor bekas yang siap untuk di jual dengan harga yang relatif lebih murah di bandingkan motor-motor yang baru. Selain murah, pembelian motor bekas ini juga dapat dilakukan dengan cara kredit sama seperti motor baru. Jika kalian berminat untuk membeli yang second jangan asal beli saja karna tidak jarang orang yang kecewa dengan kondisi mesin atau fisik motor yang mereka baru saja beli. Bahkan banyak pembeli motor bekas yang motornya baru dipakai beberapa hari saja sudah banyak mengalami beberapa masalah.

Terjadinya hal seperti ini juga akibat dari kurangnya ketelitian dari para pembeli motor bekas, banyak dari mereka hanya menilai motor dari penampilannya saja namun kurang teliti pada kondisi mesin dan keaslian onderdil-onderdil yang digunakan. Ketelitian pada kondisi mesin dan keaslian spare part pada motor memang betul-betul diperlukan karna banyak penyalur atau makelar motor bekas yang menggunakan onderdil imitasi atau kw demi menipu para calon pembeli. Akibat dari penggunaan onderdil imitasi ini betul membantu dan sangat sulit dibedakan dengan motor yang masih menggunakan onderdil asli, namun ketahanannya sangat jauh berbeda, ketahanan onderdil yang palsu sangat jauh dibawa standar.

Agar kalian tidak merasakan penyesalan setelah membeli motor bekas ada tips yang harus kalian ketahui, pertama yang harus kalian periksa adalah kelengkapan suratnya karna banyak motor bekas yang akan dijual mengalami masalah pada kelengkapan suratnya terutama pada pembayaran pajak tahunannya bahkan banyak motor bekas yang tidak memiliki STNK atau BPKB.

Kelengkapan surat-suratnya sudah selesai kalian cek, yang perlu di perhatikan berikutnya adalah tahun produksinya, jika motor itu produksi 5 atau 7 tahun yang lalu maka besar kemungkinan komponen-komponen pada mesinnya sudah banyak yang mulai aus atau kalah bahkan mungkin sudah banyak yang diganti dengan suku cadang yang palsu atau imitasi, yang ketahanannya baru di pakai satu minggu sudah masuk bengkel. Agar kalian tidak tertipu akan hal itu sangat gampang untuk mengetahui kelayakan dan keaslian suku cadang yang di gunakan pada motor, dengan menyalakan mesin.

Jika suara mesinnya masih mulus coba kalian kendarai motor itu dengan kecepatan yang rendah dan rasakan kestabilan kerja dari mesin maupun suspensi dari motor itu jika masih stabil saatnya kalian pacu dengan kecepatan tinggi, jika saat menaikkan gas kecepatan tidak spontan bertambah dan suara mesin seperti berteriak itu tanda kampas koplingnya sudah kalah dan harus diganti. Semoga saja cara aman membeli motor bekas ini dapat membantu anda mendapatkan kendaraan idaman.

Tags:

motor murah bekas
error: