Cara Membuat SIM di Polrestabes Makassar

Cara Membuat SIM di Polrestabes Makassar – Setiap pengemudi kendaraan bermesin roda dua, empat atau lebih dari itu diwajibkan memiliki surat izin untuk mebawa sendiri kendaraanya tersebut. SIM atau singkatan dari surat izin mengemudi, pengendara yang tidak memilikinya akan dikenakan denda sesuai peraturan yang berlaku alias tilang oleh Polantas.

Untuk mendapatkan SIM, anda harus memenuhi beberapa kriteria yang menjadi ketentuan dalam perundang-undangan. Kelengkapan pengendara ini dibuat menjadi beberapa golongan, setiap golongan memiliki fungsi yang berbeda. Contohnya bagi yang digunakan pengendara sepeda motor berbeda dengan yang digunakan pengendara mobil pribadi begitu juga pengendara mobil pribadi dengan supir angkutan umum. Semakin tinggi resiko kendaraan yang anda kemudi semakin mahal juga biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan surat izin mengemudinya. Ini sebenarnya tidak masuk dalam logika berpikir orang waras, tapi inilah negeri kita.

Cara Membuat SIM di Kantor Polrestabes Makassar

Untuk mendapatkan surat izin yang lebih tinggi, anda harus melakukannya secara bertahap. Contohnya lagi untuk mendapatkan yang SIM B, anda sebelumnya harus memiliki yang A. Sseperti itu ketentuan yang berlaku, umur yang melakukan pengurusan juga harus 17 tahun ke atas. Jadi yang masih di bawa umur belum diperbolehkan memilikinya, yang artinya masih sangat berbahaya untuk dibiarkan mengemudikan kendaraan bermesin, demi memperkecil kemungkinan terjadinya kecelakaan lalu lintas yang dapat melukai atau membahayakan dirinya atau orang lain di jalan atau lokasi kerja.

Untuk mempermudah anda melakukan pengurusan atau membuat SIM di Polrestabes Makassar, sekarang anda sudah dapat melakukan pengurusan SIM melalui internet. Pengisian formulir pandaftaran anda diisi secara online melalui situs yang disediakan pihak berwajib dalam hal ini yaitu Kepolisian Resort Kota Besar Makassar dengan alamat WWW.POLANTASMAKASSAR­.COM. Dengan cara ini, antrian panjang pendaftaran bisa anda hindari sekaligus menghindari dari calon nakal yang masih berkeliaran. Setelah proses pendaftaran online selesai, anda akan di beri PIN, sebagai kode untuk pengurusan lebih lanjut di kantor polrestabes, dengan begini percaloan yang biasa memeras anda pada saat pengurusan juga bisa semakin dihindari.

Tak sesulit yang anda bayangkan, pihak polrestabes Makassar memanfaatkan kecanggiham teknologi untuk mempermudah anda pada proses pengurusan membuat SIM, tak ada lagi alasan untuk tidak memiliki surat izin mengemudi. Apalagi biaya membuat SIM sudah semakin terang benderang dari pihak Humas Mabes Polri.

Dan saat ini ada SIM Online Makassar yang bisa anda manfaatkan terutama bagi warga dari luar kota yang ingin memperpanjang SIMnya. Anda cukup siapkan KTP yang NIKnya sudah online serta fotocopy, SIM yang masih aktif dan Fotocopy, lalu berangkat ke Polrestabes untuk mengurus, biayanya bisa anda lihat di dinding sudah ditempel dengan jelas, kalau ada perbedaan yang anda bayar di loket segera pertanyakan ke pihak loket dan kalau itu ganjil maka laporkan ke atasannya atau anda unggah ke sosial media agar mendapat respon dari masyarakat.

Tags:

sim online makassarcara mengambil sim di makassarpolres mana untuk wilayah makassar buat sim
error: