Cara Pendaftaran SNMPTN 2015 Lengkap Dengan Tips dan Trik

Cara Pendaftaran SNMPTN 2015 – Bagi banyak adik-adik yang saat ini sedang bersiap mengikuti ujian nasional tingkat sekolah menengah atas, memilih jurusan dan kampus yang tepat adalah hal yang menggalaukan. Dan yang paling menegangkan adalah saat prosesi daftar SNMPTN 2015 dilakukan secara online di internet.

Mungkin bagi sebagian besar calon mahasiswa ini yang bermukim di perkotaan tak akan merasa sulit untuk mengakses internet tapi bagi mereka yang berada di pelosok pastinya akan banyak kendala untuk mengakses situs resmi yang disediakan oleh panitia. Ada kabar resmi yang kami dapatkan bahwa pendaftar yang mengalami kesulitan akses internet, dapat melakukan pengisian PDSS maupun pendaftaran di Plasa Telkom di seluruh Indonesia. Ini jelas menjadi kabar yang menyejukkan, apalagi fasilitas itu sepertinya disediakan secara gratis.

Menyinggung maslaah biaya yang kerap dipungut pada tahun-tahun sebelumnya, sekarang sudah tidak ada lagi istilah tersebut karena pemerintah yang menanggung seluruh biaya alias gratis. Jika adik-adik menemukan atau mendapat panitia yang meminta biaya maka segera laporkan, kalau perlu rekam dans ebarkan ke media sosial. Ini adalah salah satu trik yang bisa anda pakai untuk membasmi oknum nakal yang kerap memanfaatkan situasi.

tata cara mendaftar SNMPTN 2015 yang benar

Selanjutnya yang jadi fokus utama kita adalah tata cara pendaftaran snmptn 2015 yang kini diperlukan oleh adik-adik di berbagai kota dan daerah di tanah air, silahkan langsung lihat petunjuk yang kami rangkum di bawah ini dan bersumber dari situs resmi panitia.

1) Yang pertama adalah para pendaftar dalam hal ini siswa, menggunakan NISN dan password yang diberikan pada waktu verifikasi data di PDSS, untuk login ke laman SNMPTN dengan alamat berikut http://www.snmptn.ac.id untuk melakukan pendaftaran.

2) Kedua, siswa pendaftar harus mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah alias mengupload foto masing-masing yang terbaru serta rapi dan dokumen prestasi tambahan (jika ada). Adik-adik harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN yang akan dipilih.

3) Yang ketiga adalah siswa yang mendaftar pada program studi keolahragaan dan seni wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh pada laman http://www.snmptn.ac.id.

4) dan yang terakhir atau keempat yaitu para pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN, simpan baik-baik file dan hasil printnya.

Ingat bahwa pendaftaran sudah dibuka mulai tanggal 13 Februari hingga 15 Maret 2015 mendatang. Agar lebih tepat lagi cara anda dalam mendaftar, ikuti tips mendaftar SNPMTN 2015 di bawah ini.

  • Setiap Siswa Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 2 (dua) PTN. Apabila memilih 2 (dua) PTN, maka salah satu PTN harus berada di provinsi yang sama dengan SMA asalnya, . Apabila memilih satu PTN, maka PTN yang dipilih dapat berada di provinsi mana pun.
  • Siswa Pendaftar dapat memilih sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi dengan ketentuan satu PTN maksimal 2 (dua) program studi.
  • Urutan pilihan PTN dan program studi menyatakan prioritas pilihan.
  • Siswa SMK/MAK hanya diizinkan memilih program studi yang relevan dan ditentukan oleh masing-masing PTN.
  • Daftar program studi dan daya tampung SNMPTN tahun 2015 dapat dilihat pada laman http://www.snmptn.ac.id selama periode pendaftaran.

Semoga saja tidak ada diantara adik-adik yang merasa kebingungan. Dan mungkin tips memilih kampus terbaik untuk kulih adalah salah satu solusi bagi anda. Semoga dilancarkan segala urusannya dan sukses bagi adik-adik di seluruh Indonesia, sekian cara mendaftar SNMPTN 2015 yang benar dari blog tipsNcara.

error: