Tata Cara Pembayaran Pajak Tahunan STNK

Tata Cara Pembayaran Pajak Tahunan STNK – Salah satu kewajiban bagi pengendara motor yang harus ditaati setiap tahunnya adalah membayar iuran dalam surat tanda nomor kendaraan yang dilakukan di kantor atau gerai Samsat terdekat.

Hal pertama yang mesti anda pahami terlebih dahulu adalah apa itu Samsat. Unit ini adalah kantor dengan sistem administrasi manunggal satu atap yang artinya ada beberapa dinas yang bekerja di dalamnya untuk mengerjakan satu hal yaitu persuratan kendaran bermesin seperti motor, mobil dan sebagainya. Dua hal paling banyak yang dikerjakan tentu adalah berkaitan dengan STNK dan BPKB yang di dalamnya terdapat plat nomor kendaraan kita.

Kalau kita adalah orang yang baru memiliki kendaraan bermesin seperti motor misalnya, maka di tahun pertama dan tahun-tahun berikutnya wajib membayar pajak STNK. Cara membayarnya sangatlah mudah, kalau kendaraan itu masih menggunakan KTP pribadi saat dibeli makin mudah lagi. Siapkan uang dan persyaratan lainnya berupa KTP asli dan fotocopy, BPKB asli dan fotocopy serta STNK asli dan fotocopynya.

Tata Cara Pembayaran Pajak STNK Tahunan

Kalau semuanya sudah siap maka berangkatlah ke kantor Samsat terdekat, biasanya di setiap kabupaten kota sudah terdapat kantornya. Namun khusus di kota besar seperti Jakarta, Bandung, medan, Surabaya, Makassar dan yang lainnya sudah banyak gerai samsat yang dibuka di pusat perbelanjaan alias mall. Adapula Samsat keliling yang menggunakan mobil dan terjadwal di beberapa lokasi di daerah anda. Datanglah ke salah satunya saja sesuai alamat KTP anda atau alamat pada STNK. Misalnya, tertera jalan Garuda, Jakarta Selatan maka anda wajib membayarnya di Samsat Jakarta Selatan, bukan di kota lain seperti di Tangerang atau Bogor.

Jika sudah menghampiri kantor Samsat yang sesuai, maka langsung ambil nomor antrian. Kalau tidak banyak orang biasanya tidak pake antri lagi. Ambil formulir pada petugas atau bisa langsung serahkan persyaratan tadi kecuali uangnya ke petugas yang melayani. Tapi sebaiknya tanyakan kepada mereka bagaimana prosedur yang berlaku. Setelah copyan tadi diterima oleh orang Samsat, selanjutnya anda diminta membayar pada kasir yang ada di loket lain. Kemudian menunggu STNK baru yang sudah dicap stempel tahun ini oleh petugasnya.

Cukup itu saja tata cara yang dilakukan, pembayaran surat kendaraan anda sudah selesai dan pulanglah ke rumah masing-masing jika tak ada keperluan lain di luar dengan hati-hati. Ingat kenakan helm dan alat safety riding serta mengendarai kendaraan dengan tertib. Cara pembayaran STNK untuk motor dan mobil sama saja dan loketnya pun tidak dibedakan. Terkadang anda harus membaya pajaknya melalui anjungan tuani mandiri, kalau belum memahami penggunaannya maka silahkan baca di cara menggunakan kartu ATM yang kami buat untuk para sahabat tipsNcara.Com.

Tags:

syarat bayar pajak motorcara bayar pajak motorcara membayar pajak motor
error: