Cara Membuat Kartu Kuning Sesuai Pengalaman

Cara Membuat Kartu Kuning – kalau ingin melamar suatu pekerjaan ada satu berkas yang sangat perlu atau penting anda lampirkan dan itu memang disyartkan agar ada yaitu kartu pencari kerja dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi atau disingkat Disnakertrans.

Di sejumlah daerah membuat kartu kuning sangat mudah tapi di beberapa ada persyaratan yang membuat sebagian orang sulit membuatnya. Misalnya saja harus memiliki Kartu tanda Penduduk daerah di mana kita akan membuat kartu kuning (AK-1). Ini biasanya terjadi di beberapa daerah tertentu saja sebab tidak semuanya memberlakukan peraturan demikian.

Syarat Membuat Kartu Kuning
Biasanya kalau ingin membuat kartu pencari kerja di kantor dinas tenaga kerja dan transmigrasi kita perlu mempersiapkan pas foto 3×4 sebanyak 3 lembar, foto copy kartu tanda penduduk (KTP), foto copy ijazah terakhir, foto copy transkrip nilai atau NEM (lembar nilai ujian nasional) dan jangan lupa masukkan ke dalam map yang warnanya telah ditetukan oleh kantor yang akan anda datangi.

Cara Membuat Kartu Kuning Sesuai Pengalaman

Mengenai map tadi sesuai informasi yang guru private lihat di salah satu kantor tempat mengurus kartu kuning di Jakarta, bagi yang ijazah terakhirnya adalah pendidikan S2 menggunakan map kuning, untuk S1 pakai map coklat, D3 menggunakan yang warna biru, SMA/sederajat wajib pakai warna merah, SMP/sederajat berwarna biru dan yang hanya tamatan SD/sederajat pakai map warna oranye.

Cara Membuat Kartu Pencari Kerja (AK-1)
Selanjutnya jika semua berkas sudah siap, masukkan ke dalam map yang sesuai dengan ijazah terakhir yang tadi disebutkan guru private. Lalu datangi kantor di mana tempat pembuatan kartukuning di daerah kamu, bida ke disnakertrans, bisa ke kantor kecamatan atau kantor lain yang telah ditentukan pemerintah daerah setempat tempat kamu berdomisili.

Sampai di kantor tempat mengurus, tanyakan ke petugas di mana ruangan untuk megurus kartu kuning. Serahkan berkas yang kamu bawa kemudian kamu akan ditanya oleh petugas atau pegawainya. Biasanya mereka akan bertanya nomor telepon, email, lulusan dari mana, sudah bekerja atau belum, sudah menikah atau belum dan sebagainya.

Setelah itu kamu tunggu beberapa saat, kartu kuning yang kamu inginkan sudah jadi. Kemudian foto copy dan minta pengesahan jika perlu agar tidak bolak-balik mengurus lagi. Sekian cara dan syarat membuat kartu kuning dari blog tipsNcara, semoga bermanfaat untuk kita semua dana ada info tambahan yaitu cara membuat surat keterangan berbadan sehat dari dokter.

Tags:

apa itu kartu kuningkartu kuningsyarat membuat kartu kuningcara membuat kartu kuningpersyaratan membuat kartu kuning
error: