Cara Membuat SKCK di Kantor Polisi

Cara Membuat SKCK di Kantor Polisi – Biasanya seseorang mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian atau yang dahulu kita kenal dengan nama Surat Kelakuan Baik adalah teman-teman yang ingin mendaftar pekerjaan atau ingin melanjutkan pendidikan ke suatu lembaga seperti universitas.

Namun karena pemanfaatan SKCK lebih didominasi oleh para pelamar kerja maka biasanya peserta yang mengurus surat sakti ini membludak pada saat pemerinta sedang atau akan membuka lowongan pekerjaan menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Salah satu persyaratan utama kalau ingin mengajukan lamaran kerja tentu adalah harus memiliki SKCK, dengan kata lain seseorang tersebut punya riwayat baik di mata hukum dengan ditandai kepemilikan surat keterangan dari pihak kepolisian yang tertuang dalam SKCK tadi. Dalam surat yang berwarna kuning tersebut terdapat sejumlah informasi mengenai biodata anda, selain itu terdapat pula rumus sidik jari anda.

Tata Cara Membuat SKCK - Surat Keterangan Catatan Kepolisian

Bagaimana Cara Membuat SKCK
Pertanya tentang bagaimana cara membuat SKCK sangat mudah dijawab, dengan urutan adalah mengurus dari RT, RW, Kelurahan, Kecamatan hingga ke Polres. Jika tahapan ini diikuti, maka niscaya surat yang diinginkan akan mudah diperoleh.

Setiap daerah atau kantor Polres memiliki kebijakan berbeda-beda dalam persyaratan membuat SKCK. Ada daerah yang mengharuskan sesorang melapor ke Polsek sebelum ke Polres, ada yang pengurusannya hanya dimulai dari Kelurahan, kemudian ke Polsek dan terakhir ke kantor Polres. Namun ada pula yang mewajibkan calon pemilik SKCK menghampiri semua lembaga yang disebutkan tadi di atas yaitu dari RT sampai Polres, misalnya saja di kota Jakarta hal tersebut diterapkan.

Kalau anda sudah mengetahui cara mengurus SKCK, maka selanjutnya inilah persyaratan berkas yang harus anda bawa ke Polres untuk mengurus surak sakti di kantor Polisi :

  1. Pas Foto 4×6 (5-7 lembar)
  2. Foto Copy KTP dan Kartu Keluarga
  3. Foto Copy Ijazah terakhir (kadang diperlukan di daerah tertentu)
  4. Surat pengantar dari RT disahkan oleh RW (berlaku di beberapa kota).
  5. Surat pengantar dari Kelurahan disahkan oleh Kecamatan (berlaku di beberapa kota).
  6. Surat pengantar dari Polsek setempat (berlaku di beberapa kota).

Jika anda sudah memahami alur mempersiapkan berkasnya dan sudah punya semua berkas yang jadi persyaratannya. Silahkan langsung saja ka kantor Polres terdekat di tempat anda berdomisili, sebab mengurus Surat Keterangan Catatan Kepolisian sangatlah mudah dan butuh waktu singkat, itu jika antrian tidak membludak. Mungkin anda juga butuh informasi tata cara pembayaran Pajak Tahunan STNK.

Tags:

cara membuat skcksyarat membuat skck
error: