Cara Mengisi Blanko Pengambilan Uang Western Union

Cara Mengisi Blanko Pengambilan Uang Western Union – Mungkin anda adalah ornag yang beruntung karena bisa merasakan bagaimana rasanya menerima kiriman uang dari orang lain dengan menggunakan fasilitas pengiriman dari salah satu perusahaan internasional yang berbasis di luar negeri. Walau bukan hanya untuk kiriman uang internasional, nasional pun banyak yang memanfaatkannya.

Admin tipsNcara.Com pun sempat mendapati seorang ibu-ibu akan mengirim uang ke daerah asalnya dari Jakarta ke salah satu kota di Jawa menggunakan wester unon di Indomaret. Tentu ini menjadi sesuatu yang bagus, karena bagi mereka yang tidak punya rekening bank atau malas ke bank untuk antri bisa memanfaatkan fasilitas kiriman uang di WU yang masih murah untuk pengiriman domestik. Beda dengan internasional yang dikenakan tarif lumayan menguras kantong anda.

Cara Mengisi Blanko Pengambilan Uang Western Union

logo western union

Sekarang kita lanjut ke cara mengambil uang yang dikirim ke kita memakai jasa perusahaan berciri logo warna kuning hitam ini. Sebenarnya mudah dan sangat mudah kalau mau dikatakan demikian, cukup minta MTCN atau nomor kode pengiriman beserta nama dan alamat pengirim. Tapi ada sesuatu yang tentu akan menjadi ganjalan bagi anda yang baru pertama kali akan mengambil kiriman WU.

Sebaiknya pelajari dulu cara mengisi form penerimaan kiriman uang western union, tipsNcara sudah mencobanya berulang kali di salah satu bank swasta yaitu bank danamon. Dan cara ini juga sama dengan yang berlaku di bank lain seperti Mandiri Syariah atau di Kantor Pos dan Pegadaian.

form penerimaan uang western union

form penerimaan uang western union

Yang paling wajib anda isi adalah nama penerima, alamat, nomor hp, tanggal lahir, penggunaan uang, hubungan dengan pengirim, nama pengirim, alamat pengirim, total uang yang dikirim, dan nomor MTCN atau nomo rkontrol pengiriman uang yang berjumlah 10 digit tersebut. Pada blanko cukup jelas tempat dimana anda harus mengisinya, blankonya biasanya berwarna kuning tapi ada sedikit perbedaan tata letak atau posisi kolom-kolom jika anda masuk ke danamon, kantor pos atau bank lainnya. Tentu masing-masing menampakkan cirinya tapi tidak mengurangi standar yang ditetapkan oleh Western Union pada form tersebut.

Lembaran blanko tersebut terdiri dari dua lembar yaitu kuning di atas dan putih di bawah. Kuning nantinya akan diberikan kembali kepada anda sedangkan yang putih akan diambil pihak agen WU. Ingat harus mengisi data dengan benar sesuai yang diberikan oleh pengirim, dan kalau anda adalah publisher Google Adsense maka anda wajib mengisinya sesuai dengan yang dikirm oleh Google pada akun GA anda dan sesuai dengan payment proifl yang anda masukkan di akun tersebut.

Tapi jika anda adalah seorang keluarga dari seseorang yang mengirim dari luar negeri misalnya dia adalah pekerja di Korea, anda cukup isi sesuai dengan yang diberikan oleh keluarga anda yang ada di luar negeri tersebut. Tmbahan lagi, ada beberapa agen yang mewajibkan penggunaan materai. Khsusu danamon dan kantor pos tidak ada materai. Namun di seluruh agen anda diwajibkan membawa tanda pengenal seperti KTP, SIM, atau kartu lain yang resmi seperti kartu wajib pajak (NPWP). Mungkin itu saja sedikit tutorial mengisi lembar pengambilan kiriman uang Western Union, semoga bermanfaat dan akan lebih baik lagi kalau anda pelajari juga cara mengambil kiriman uang dari luar negeri di western union.

Tags:

formulir pengiriman uang western unionformulir western unioncara mengisi format WesterUnion
error: