Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Tips Aman Meninggalkan Rumah Untuk Mudik – Menjelang lebaran setiap tahun pasti akan ada jutaan orang yang menjalankan ritual tahunan yaitu mudik ke kampung halaman. Orang yang ada di kota rama-ramai pulang bersama keluarganya menuju ke daerah asal mereka.

Kota-kota tujuan mudik kebanyak ada di pulau Jawa dan provinsi padat penduduk di luar Jawa. Sebut saja kota Surabaya, Bandung, Solo, Djogjakarta, Madura, Makassar, Medan, Padang dan Manado menjadi kota yang menerima banyak pemudik. Selain itu, beberapa kota tersbeut juga mengirim pemudiknya ke kampung halaman masing. Tapi ibukota Jakarta yang paling besar urusan memulangkan pemudik ini karena juga menyangkut kota penyangga di sekitarnya seperti Bekasi, Tangerang dan Bogor.

Terkadang pada saat dalam satu kompleks perumahan lebih dari 50 persen warganya ikut mudik. Mereka bahkan meninggalkan rumah masing-masing tanpa penjagaan satu orang pun. Inilah yang membuat banyak niat jahat terpancing untuk beroperasi pada musim mudik jelang lebaran.

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Gambar Rumah

Tips Agar Rumah Tetap Aman Saat Mudik

Arus mudik setiap tahun jadi persoalan pemerintah di jalan, dan menjadi masalah bagi pemudik itu sendiri karena harus meninggalkan rumahnya di kota tempat tinggal mereka bekerja. Tapi hal ini mesti dilakukan karena ingin bertemu sanak keluarga dikampung.

Cara paling tepat yang harus anda lakukan pada saat ingin meninggalkan rumah adalah melapor ke Ketua RT setempat dimana anda berdomisili. Setelah itu laporkan pula ke pihak keamanan yang bertugas menjaga lingkungan tempat tinggal anda. Kalau mau ke kantor polisi juga boleh, tapi jika ada satpam di kompleks lapor di situ saja.

Yang lainnya adalah kondisi rumah dan isinya, jadi sebelum berangkat pastikan listrik sudah dimatikan. Tapi kalau mau menyalakan lampu teras depan juga boleh dengan catatan hal tersebut aman. Mesti menggunakan lampu yang tahan menyalama dalam waktu lama. Periksa aliran air, pastikan tidak ada keran yang terbuka. Tutup lubang pembuangan yang bisa menjadi jalan tikus masuk ke dalam rumah. Kemudian lihat kembali kompor anda, pastikan sudah tidak menyala dan cabut regulator gasnya dari tabung.

Cara Unik Meninggalkan Rumah Saat Mudik

Ini yang terakhir dari semua tips yang guru private sajikan untuk anda. Barang-barang sudah siap dan diangkut ke mobil, kemudian anda sudah siap menutup pintu rumah. Maka yang terakhir adalah kunci baik-baik rumah anda, semua pintu harus tertutup dan terkunci dengan baik. Tapi jangan salah, ada trik lainnya yang mesti anda terapkan yaitu memajang beberapa pasang sendal di depan pintu agar tetap terlihat ada orang di dalam rumah.

Mungkin itu saja tips aman sebelum meninggalkan rumah untuk mudik dari blog tipsncara dot com untuk anda semuanya. Semoga arus mudik anda tahun ini berjalan lancar dan selamat sampai tujuan dengan selamat. Ingat jangan lupa bawa ole-ole dari kampung dan jangan bawa saudara ke kota jik amereka tidka memiliki kemampuan bersaing dengan warga di kota.

error: