Tips Mengemudi di Jalan Tol Saat Mudik

Tips Mengemudi di Jalan Tol Saat Mudik – Pulang kampung adalah rutintas wajib yang sebagian besar orang lakukan saat menjelang lebaran terutama Idul Fitri. Berkendara ada saat berpuasa tentu akan sedikit berbeda dibandingkan dengan hari biasa karena di bulan ramadhan waktu tidur anda akan bergeser dan mungkin saja lelah dan kantuk menghantui anda sepanjang perjalanan.

Tapi sebagai budaya, mudik tak akan pernah berhenti hanya karena berpuasa. Malah banyak orang yang menganggap ini adalah sesuatu yang spesial, memang benar demikian adanya bahwa Ramadhan sebagai bulan yang suci akanlengkap kalau kita berkumpul bersama seluruh kelauarga di kampung halaman atau tanah kelahiran. Beragam kendaraan dibawa masyarakat untuk mudik, mulai dari roda dua, roda empat hingga roda tiga pun kerap terlihat di jalanan walau roda tiga sebenarnya sangat dilarang untuk perjalanan jauh oleh pihak Kepolisian.

Tips Mengemudi di Jalan Tol Saat Mudik

lalu lintas di tol Cipali

Lantas apa saja yang harus anda perhatikan selama perjalanan, tentu saja yang menggunakan mode transportasi mobil bisa masuk jalan tol dan ada tips berkendara di jalan tol yang cocok anda perhatikan agar selamat sampai tujuan. Pertama adalah patuhi seluruh rambu-rambu lalu lintas yang ada di sepanjang jalan tol tersebut. Ini adalah cara paling efektif yang sangat mudah anda lakukan. Lalu yang kedua adalah siapkan mental anda, karena tanpa mental yang bagus yang disertai keterampilan mengemudi yang mantap maka anda bisa kaget saat melihat pengemudi lain mengendarai mobil dalam kecepatan tinggi. Jadi antara memperhatikan rambu dan memiliki keterampilan sama pentingnya.

Berikutnya adalah siapkan tenaga yang cukup, karena ini adalah perjalanan jauh dan kecepatan rata-rata di atas 80 km/jam maka selayaknya tubuh harus dalam kondisi prima. Jangan coba-coba mengemudi saat mengantuk, saat sakit atau saat lelah. Ketiga hal tersebut harus anda hindari sebelum memutuskan untuk mengemudikan kendaraan roda empat alias mobil di jalur bebas hambatan.

Khusus untuk anda yang akan melalui jalan tol yang panjang seperti jalan tol Cipali atau Cipularang, sebaiknya berhenti setiap menemukan Rest Area atau Pompa Bensin. Rilekskan badan anda sekitar 10-20 menit dengan cara berbaring, cuci muka atau berjalan beberapa saat. Karena ini adalah waktu puasa maka jangan sampai puasa anda rusak gara-gara singgah makan dan minum 🙂 itu tidak elok. Sebagai pelengkap, kami sarankan anda juga membaca tips meninggalkan rumah saat mudik, ini juga sama pentingnya saat di jalan karena sama-sama demi keamanan dan keselematan.

error: