Cara Membayar Pajak STNK Kendaraan Plat B di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi

Cara Membayar Pajak STNK Kendaraan Plat B di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi – Anda yang berdomisili di wilayah Jadetabek atau kawasan Ibukota negara dan sekitarnya pasti sudah sangat sering melihat lalu lalang kendaraan roda dua ataupun empat dan lebih di jalanan menggunakan plat nomor B walau tak sedikit selain B juga sering kita lihat melintas.

Sekarang pertanyaannya adalah apakah mereka semua taat membayar pajak sebagai kewajiban kita ketika memiliki kendaraan bermotor. Tentu saja ada diantara warga tersebut yang punya kelakuan menyimpang dengan tidak menjalankan kewajbannya kepada negara padahal mereka menggunakan fasilitas negara yaitu jalan dan sebagainya untuk berkendara yang dibangun dari uang pajak yang dibayarkan tadi. Bagi motor mungkin yang haru dibayar masih sedikit tapi kalau sudah dengan mesin ber-cc besar seperti Harley Davidson maka akan mahal juga seperti mobil. Dan makin mahal nilai mobil pun maka akan besar pula pajaknya, bahkan ada yang pajaknya bisa untuk beli 1 unit motor.

Cara Membayar Pajak STNK Kendaraan Plat B di Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi

Tapi jika dibandigkan dengan nilai kendaraan anda, maka pajak tersebut sebenarnya tidaklah lebih dari 1-2 % kendaraan anda per tahun. Bagaiamana cara membayar pajak tahunan STNK kendaraan yang dimiliki? Pertama adalah siapkan BPKB dan STNK asli lalu fotocopy di sekitar rumah anda atau di lokasi dimana samsat berada, tapi sebaiknya copy di luar untuk menghindari kerusakan fotocopy samsat atau antrian panjang. Kemudian datanglah ke gerai-gerai samsat terdekat atau kantor samsat di wilayah Polda Metro Jaya yang tersebar di kota Jakarta, Tangerang termasuk Tangsel dan juga Depok serta Bekasi.

Sebelum berangkat jangan lupa lihat berapa biaya atau uang yang harus anda bawa, cara mengetahuinya adalah lihat di STNK bagian belakang yang ada stempel samsatnya. Lalu di mana saja tempat membayar pajak STNK untuk plat B? Ini penting diketahui bahwa walaupun anda platnya B maka tidak sembarang bisa membayar di manasa aja di kawasan Jadetabek. Jika anda identitas di STNK-nya adalah wilayah Jakarta maka bayarnya di Jakarta, begitupun sebaliknya untuk tiga kota lainnya maka dibayar di kantor Samsat wilayah kota tersebut.

Contoh tempat bayar pajak STNK yang bisa anda kunjungi adlaah di Ruko depan Plaza Bintaro kalau Tangerang Selatan, Gandaria City dan Blok M Square kalau wilayah Jakarta, Giant Kreo jika STNK Plat B Tangerang. Dan kami tunggu info dari sahabat tipsNcara.Com untuk wilayah lainnya, dengan memberi komentar atau kirim ke kontak kami.

Tags:

dimana untuk perpanjang plat belakang B
error: