Cara Registrasi atau Daftar e-PUPNS Lengkap Dengan Gambar

Cara Registrasi atau Daftar e-PUPNS Lengkap Dengan Gambar – Tahun 2015 mungkin menjadi masa yang agak sulit dan berat bagi para pegawai negeri sipil atau yang saat ini dilabeli aparatur sipil negara oleh undang-undang. Apapaun sebutannya, abd negara tersebut adalah kelompok warga yang wajib menjunjung tinggi patriotisme untuk memajukan negeri dari intansi tempat bekerja masing-masing.

Dan mungkin anda adalah salah satu PNS yang saat ini sedang bingung atau bahkan sampai larut dalam kegalauan gara-gara kabar e-PUPNS. Tahukah anda kalau ada ancaman serius yang akan menghantui jika anda tidak, paling tidak anda tidak akan mendapat pelayanan optimal jika mengurus berkas ke instansi tertentu yang berhubungan dengan kepangkatan atau yang lainnya. Dan yang lebih serius, kabarnya ada ancaman pemecatan bagi yang lalai mengupdate e-PUPNS nya. Wah, kalau ini benar-benar terjadi maka pegawai negeri yang berusia sudah matang akan kalang kabut dibanding yang masih muda-muda dan melek teknologi.

Jadi agar terhindar dari hal-hal yang tidak anda inginkan, sebaiknya segera lakukan proses pendaftaran tersebut. Caranya sebenarnya sangat simpel dan terkesan mudah untuk dilakukan, jika anda masih pusing sampai detik ini maka tipsNcara.Com sudah membuat petunjuk cara daftar e-PUPNS di bawah ini yang dapat anda coba ikuti saja.

Dalam melakukan cara registrasi e-PUPNS, ada empat tahapan yang akan anda lalui (hal ini sesuai dengan petunjuk yang tipsNcara dapatkan langsung dari situs resmi BKN. Silahkan anda amati dulu gambar di bawah lalu baca keterangan lanjutan di bawahnya.

petunjuk e-pupns

Pertama: Klik tombol register pada portal PUPNS, alamat situsnya adalah http://pupns.bkn.go.id/index.html. Letak tombol register tersebut ada di kanan atas di samping tombol login. Lalu anda klik tombol Daftar kemudian anda diminta melengkapi isian pendaftaran. Dan tahap berikutnya adalah Cetak Nomor bukti pendaftaran (registrasi).

Kedua: Di proses kedua ini anda diminta “cek status” persetujuan pendaftaran dari Biro/Badan Kepegawaian masing-masing instansi, caranya seperti apa? Hanya dengan klik tombol “Cek Status”.

Ketiga: Proses yang ketiga adalah melakukan Login (klik tombol Masuk yang ada di samping registrasi tadi), anda akan masuk ke dalam sistem PUPNS apabila pendaftaran sebelumnya sudah disetujui. Jika mau login gunakan nomor registrasi dari sistem dan juga kata kunci alias password yang sudah dibuat pada waktu proses registras (langkah pertama tadi).

Keempat: Pada proses terakhir ini, anda diminta mencentang data yang telah dianggap/terlihat sesuai dan juga memperbaiki data yang belum sesuai, tak lupa anda lengkapi data riwayat. Lalu klik tombol “Simpan” untuk menyimpan perubahan data. Ingat, pastikan seluruh data telah dicek, jika anda merasa telah yakin maka langkah berikutnya adalah cetak data dengan klik tombol “Cetak”. Kemudian kirim data secara elektronik untuk proses verifikasi dengan mengklik tombol “Kirim”.

Sampai selesai proses keempat di atas maka rangkaian registrasi PUPNS anda telah selesai. Tapi jika sampai di situ masih juga bingung maka baiknya perhatikan lagi gambar Alur Kerja Proses EPUPNS 2015 di bawah.

alur kerja proses epupns 2015

klik gambar untuk perbesar

Selanjutnya perhatian pula gambar petunjuk pendataan ulang PNS terintegrasi 2015 di bawah, semuanya kami dapatkan langsung dari portal e-PUPNS.

pendataan ulang PNS terintegrasi 2015

klik gambar untuk perbesar

Menyelesaikan kegiatan ini sama saja dengan memperlihatkan kepada atasan, publik atau siapapun itu bahwa anda memang layak menyandang status sebagai pegawai negeri sipil. Petunjuk pendaftaran EPUPNS sudah ada di atas. Jangan mengeluh karena saat ini kesejahteraan pegawai lumayan bagus, jika anda merasa tidak kuat menjadi PNS maka sebaiknya lepaskan jabatan itu dan beralih menjadi penguasaha atau pekerja swasta dan berilah kesempatan kepada pemuda yang masih fresh untuk melanjutkan pekerjaan anda 🙂

error: