Persyaratan dan Cara Membuat SIM Baru Se-Indonesia

Persyaratan dan Cara Membuat SIM Baru – Apa jadiny akalau anda tidak membawa Surat Izin Mengemudi saat berkendara? Tentu saja anda akan dihantui rasa cemas akan ditilang di tengah perjalanan, apalagi saat ini denda untuk pelanggaran lalu lintas sudah naik, bukan lagi maksimal Rp 50.00 tapi sudah mencapai maksimal Rp 250.000 dan bahkan 1 jutaan. Ini akan menguras kantong anda kalau berani mengabaikan prosedur berkendara, jadi sebaiknya mulai sekarang tertibkan diri anda.

Banyak masyarakat yang masih muda terutama, mereka merasa enggan ke kantor polisi atau kantor satlantas untuk mengurus SIM baru. Mereka ini merasa tak ingin ribet dengan segala urusan tersebut, padahal sangat mudah prosedur pembuatan SIM yang dirilis oleh Mabes Polri. Cukup siapkan keterampilan berkendara, siapkan dokumen, siapkan kesehatan dan siapkan diri mengikuti ujiannya. Lalu apa lagi yang menurut anda susah? Mungkin susah menerima kenyataan kalau ada salah satu syarat yang tidak bisa dipenuhi.

Persyaratan dan Cara Membuat SIM Baru

Pertama sebelum masuk ke tahap krusial, mungkin ada beberapa diantara anda yang bertanya-tanya berapa sebenarnya biaya untuk membuat SIM baru. Jawabannya adalah sebagai berikut:

1. SIM A = Rp 120.000
2. SIM B1 = Rp 120.000
3. SIM B2 = Rp 120.000
4. SIM C = Rp 100.000
5. SIM D (Penyandang disabilitas/berkebutuhan khusus) = Rp 50.000
6. SIM Internasional = Rp 250.000

Lantas bagaimana anda tahu bahwa anda butuh SIM tipe apa? Nah, kalau begitu baca dulu penggolongan surat izin mengemudi yang tipsNcara.Com kutip dari situs Dirlantas Polri berikut.

  • Golongan SIM A: SIM untuk kendaraan bermotor roda 4 dengan berat yang diperbolehkan tidak lebih dari 3.500 Kg.
  • Golongan SIM A Khusus: SIM untuk kendaraan bermotor roda 3 dengan karoseri mobil (Kajen VI) yang digunakan untuk angkutan orang / barang (bukan sepeda motor dengan kereta samping)
  • Golongan SIM B1: SIM untuk kendaraan bermotor dengan berat yang diperbolehkan lebih dari 1.000 Kg.
  • Golongan SIM B2: SIM untuk kendaraan bermotor yang menggunakan kereta tempelan dengan berat yang diperbolehkan lebih dari 1.000 Kg.
  • Golongan SIM C: SIM untuk kendaraan bermotor roda 2 yang dirancang dengan kecepatan lebih dari 40 Km/Jam.
  • Golongan SIM D: SIM khusus bagi pengemudi yang menyandang disabilitas/berkebutuhan khusus.
  • Golongan SIM Internasional: SIM khusus warga negara asing.

Baiklah sekarang kita masuk tahap yang paling dinanti, kami bagi prosedur membuat SIM baru tersebut dalam dua informasi antara lain….

Persyaratan Membuat SIM Baru

  1. Mata pemohon SIM dalam keadaan sehat, bisa membaca, menulis dan biasanya ada tes buta warna tapi soal buta warna ini masih bisa diberi kebijaksanaan
  2. Memiliki pengetahuan tentang peraturan lalu lintas jalan dan teknik dasar kendaraan bermotor yang ditandai dengan mampu atau tidaknya anda lulus ujian.
  3. Batas usia calon pemohon SIM adalah minimal 16 tahun untuk SIM Golongan C, minimal 17 tahun untuk SIM Golongan A, dan minimal 20 tahun untuk SIM Golongan B1 atau B2

Tata Cara Membuat SIM Baru

– Pertama adalah siapkan dokumen pendukung yaitu KTP elektronik

– Kedua adalah silahkan datangi kantor Polres terdekat, cari kantor Polantas (Polisi Lalu Lintas) di Mapolres tersebut.

– Ketiga adalah daftarkan diri anda di loket untuk mengajukan permohonan mengambil SIM baru

– Keempat, anda akan diminta membayar sesuai biaya yang kami sebutkan di atas tadi, bayar di bank atau loket tersedia

– Kelima, anda akan dibawa ke ruang ujian tertulis/komputer dan ujian keterampilan lapangan

– Keenam, jika lolos ujian maka anda akan diminta untuk antri untuk difoto, diambil sidik jari dan tanda tangan

– Ketujuh adalah silahkan tunggu SIM anda jadi dalam beberapa menit

Ternyata simpel, dan anda tidak perlu lagi takut untuk berkendara jika sudah mengantongi surat sakti ini. Semoga informasi yang kami berikan bermanfaat untuk anda dan silahkan bagikan ke teman-teman melalui facebook atau sosmed lainnya agar mereka juga memahami alur permohonan SIM baru yang resmi tanpa melalui calo. Ingat, jangan lagi bayar ke calo, langsung ke loket resmi. Kalau gagal, belajar dulu dan akhirnya pasti anda akan berhasil.

Tags:

syarat membuat sim
error: