Cara Menentukan Plat Nomor Ganjil atau Genap Pada Kendaraan

Cara Menentukan Plat Nomor Ganjil atau Genap Pada Kendaraan – Diperlukan berbagai cara untuk mengatasi kemacetan di Jakarta, bahkan pemerintah telah mengeluarkan dana besar untuk itu. Tapi ibukota negara kita tersebut sudah sangat sempit untuk dijejali dengan kendaraan roda empat dan dua yang setiap tahun pertumbuhan angka penjualannya makin tinggi. Lihat saja buktinya di setiap lampu merah terkadang seseorang harus melalui dua sampai tiga lampu merah sebelum melalui lampu hijau.

Walaupun kemacetan sudah dianggap biasa di Jakarta, namun pemerintah tetap terus bertekad memberikan rasa nyaman kepada warganya dengan jalanan tertib bebas macet. Tentu saja ini akan mendatangkan pro dan kotra dari para pengendara. Baru-baru ini kebijakan penghapusan jalur tri in one yang jadi pembicaraan, lalu ada kebijakan baru yang dibuat dengan menetapkan jalur yang harus dilalui oleh kendaraan tertentu dengan jadwal kendaraan berplat genap atau ganjil saja yang boleh lewat.

cara menentukan ganjil-genap pada plat nomor mobil

Peraturan ganjil genap jalan di Jakarta adalah pada tanggal ganjil, hanya mobil dengan nomor ganjil yang boleh lewat. Begitupun pada tanggal genap hanya mobil yang memiliki plat nomo rgenap yang boleh melintas. Anda perlu berhati-hati karena kalau ketahuan akan dikenakan tilang oleh pihak Polantas atau Dishub. Bahkan kalau sampai anda nekad untuk melakukan pemalsuan plat nomor akan diancam hukuman dipenjara.

Mengerikan bukan? Ini semua demi ketertiban umum. Kalau anda saat ini belum memahami cara mengetahui plat nomor ganjil atau genap pada mobil anda maka jawabannya sangat simpel yaitu:

Nomor Ganjil Genap itu dilihat dari nomor paling belakang dari plat kendaraan Anda, misalnya B 7754 XYZ maka ini disebut nomor genap (angka 4 adalah genap) atau misalnya B 2239 ABC maka ini disebut nomor ganjil (angka 9 adalah ganjil).

Sampai di sini kami kira anda akan mudah memahami maksud dari aturan berlalu lintas terbaru di sejumlah jalan protokol di Jakarta tersebut. Lantas bagaimana jika nomor akhirnya adalah nol “0”, angka ini dgolongkan sebagai genap. Tidak percaya? Lihat saja video berikut:

 

Manajemen Rekayasa Lalu Lintas berdasar Plat Nomor Ganjil-Genap di sebagian wiayah DKI Jaya.

Dikirim oleh Djoko Soehardijarko pada 28 Juli 2016

 

Semoga anda tidak mengalami masalah hukum terkait plat nomor ganjil-genap ini karena pada dasarny asangt mudah untuk mengetahuinya. Ingat tanggal kapan anda harus menggunakan mobil anda atau melalui jalur-jalur tersebut.

error: