Tips Melalui Tes Wawancara (Interview) Seleksi Masuk Kerja

Tips Melalui Tes Wawancara (Interview) Seleksi Masuk Kerja – Dunia kerja memang kejam, terkadang anda merasa pintar dan cukup cerdas untuk melalui sebuah sistem rekrutmen yang digelar oleh sebuah instansi ataupun perusahaan namun pada faktanya anda masih gagal. Ini dialami oleh banyak orang dan kasusnya rata-rata hampir sama, terkadang mereka gagal disaat-saat akhir, namun lebih banyak yang gagal di seleksi awal.

Kebingungan terjadi pada para lulusan baru atau sering disebut fresh graduate, mereka belum memiliki pengalaman dalam urusan seleksi masuk bekerja. Mungkin anda adalah salah satunya? Perlu diingat bahwa ada banyak faktor yang menentukan seseorang bisa lolos masuk bekerja, mulai dari faktor kecerdasan intelektual, keterampilan atau skill, kesopanan, penampilan hingga cita-cita saat bekerja pun bisa jadi batu sandingan atau mungkin sebab anda diterima bekerja. Untuk itu, sebelum mengikuti seleksi di sebuah instansi atau perusahaan maka anda perlu mengesplorasi perusahaan dimana anda akan melamar.

tips melalui wawancara kerja

Mempelajari bisnis yang mereka geluti atau visi misi yang dijalankan anda hal utama karena itulah yang akan anda kerjakan nantinya jika diterima. Tapi tips wawancara kerja dengan user baik itu di bank, perusahaan ataupun instansi pemerintah di kementerian pusat dan daerah sering berbeda-beda karena tiap orang yang akan anda hadapi akan berbeda pula.

Namun ada beberapa garis besar yang perlu untuk anda ketahui dan ini hampir semua orang terapkan. Dimulai dari percaya diri dan punya hasrat yang besar untuk bekerja di perusahaan atau instansi tersebut. Ini sangat penting karena tanpa hasrat itu anda pasti akan dikira malas bekerja. Percaya diri penting agar anda bisa bekerjasama dengan baik dengan karyawan atau pegawai lainnya dalam satu tim (biasanya dalam persyaratan lowongan kerja selalu disebutkan).

Lalu level kecerdasan anda pun harus di atas rata-rata kompetitor anda mendapatkan posisi tersebut, itu adalah nilai tambah. Menguasai bahasa asing, mampu mengungkapkan ide dan pikiran dalam bentuk kalimat yang mudah dipahami orang lain hingga memiliki ide-ide yang baik bagi perusahaan adalah sesuatu yang disukai oleh para owner/pimpinan.

Berikutnya adalah sopan santun dan penampilan, jangan abaikan persoalan ini karena kecerdasan dan hasrat untuk bekerja akan pupus kalau tidak disertai dengan sopan santun yang baik. Penampilan mungkin bisa ditolerir, jika anda akan melamar pada posisi yang tidak berhadapan dengan pelayanan publik. Ingat untuk selalu jujur, jujur bukan hanya pada kalimat-kalimat jawaban darti pertanyaan yang anda terima tapi juga jujur pada sikap anda. Tampilkanlah diri anda yang sebenarnya, menipu mereka dengan sikap berbeda akan membuat anda gagal. Mereka sudah berpengalaman melakukan interview dan bahkan sangat sering yang mewancarai anda adalah orang yang ahli dalam dunis psikologi.

Dua hal krusial terakhir yang bisa jadi pertimbangan anda diterima bekerja atau tidak adalah penempatan kerja dan gaji yang diinginkan. Berdasarkan pengalaman interview di salah satu instansi pusat dan di salah satu perusahaan pertambangan terkemuka, mereka butuh karyawan yang siap bekerja di manapun perusahaan/instansi tempatkan. Anda harus siap untuk itu, jika anda terkesan mengatur penempatan saat wawancara maka sebaiknya jangan berharap banyak untuk diterima berkeja.

Sedangkan persoalan gaji juga sangat sensitif, salah menyebutkan angka juga bisa fatal untuk nasib karir anda selanjutnya. Cobalah mengetahui berapa sebenarnya gaji untuk level pendidikan anda, gaji untuk posisi yang anda lamar, gaji untuk keterampilan yang anda miliki dan cari tahu seberapa besar kemampuan perusahaan yang anda lamar menggaji karyawannya. Ambillah nilai yang wajar, tidak merugikan anda dan tidak memberatkan perusahaan. Biasanya gaji ini bisa dikompromikan oleh mereka jika mereka sangat suka dengan CV anda.

Sepertinya sangat mudah untuk melewati fase rekrutmen ini, tapi banyak orang yang ternyata mentalnya tidak cukup kuat untuk melaluinya. Cara menjawab pertanyaan interview dan jawabannya untuk fresh graduate baik itu lulusan sarjana, diploma ataupun SMA dan SMK. Rata-rata pertanyaan yang akan anda terima hampir sama, akan terkait dengan pengalaman, pendidikan, kemampuan, latar belakang keluarga pun terkadang ditanyakan hingga harapan dan gaji.

error: