Cara Cek Ijazah Palsu atau Asli dan Terdaftar di Kemenristekdikti

Cara Cek Ijazah Palsu atau Asli dan Terdaftar di Kemenristekdikti – Seorang sarjana tentu saja mengharapkan sebuah pekerjaan setelah menyelesaikan kuliahnya, namun tak sedikiti yang gagal dan bahkan banting setir menggunakan ijazah SMA atau SMK. Namun ada banyak pula Sarjana yang memilih berkarir sebagai pengusaha atau pebisnis. Perlu diketahui bahwa menjadi pengusaha adalah pilihan tepat, anda bisa membuka lapangan kerja bagi orang lain dan anda menjadi seorang pemimpin di bisnis yang anda geluti.

Walau demikian, menjadi pegawai BUMN, menjadi Pegawai Negeri atau menjadi Karyawan di Perusahaan Swasta masih menjadi favorit bagi banyak alumni Universitas atau Perguruan Tinggi baik yang kuliah di swasta maupun negeri. Itu adalah pilihan hidup realistis karena saat ini memang banyak perusahaan atau instansi yang membuka penerimaan melalui lowongan kerja yang ditawarkan secara terbuka untuk umum. Gaji yang ditawarkan pun semakin tinggi sesuai kualifikasi yang dimiliki oleh para Sarjana yang melamar.

Dan anda perlu berhati-hati jika pernah kuliah di kampus swasta karena bisa saja anda diberi ijazah abal-abal. Lalu bagaimana cara cek keaslian ijazah di situs Kemenristekdikti, ini dia tutorial yang bisa anda ikuti.

cek ijazah

  1. Pertama kunjungi situs http://ijazah.ristekdikti.go.id/
  2. Ketik nama Universitas atau Perguruan Tinggi dimana anda lulus dan mendapatkan Ijazah
  3. Lalu masukkan nomor ijazah anda pada kolom di bawahnya
  4. Jangan lupa isi atau jawab kode pengaman
  5. Dan kahir dengan klik CARI.

Setelah lima langkah di atas anda lakukan maka akan muncul pesan seperti di bawah ini jika IJAZAH PALSU.

Data tidak ditemukan di pangkalan dikti, silahkan menghubungi perguruan tinggi yang bersangkutan.

Sedangkan jika IJAZAH ASLI dan TERDAFTAR maka akan muncul data anda di halaman situs Kemendekti tersebut.

Jangan sampai usaha anda untuk lolos menjadi CPNS gagal hanya karena kesalahan administrasi. Kemungkinan besar panitia penerimaan CPNS juga melakukan pengecekan ijazah anda di sini untuk memverifikasi berkas lamaran. Dan bukan hanya itu, BUMN serta perusahaan swasta pun melakukan hal demikian untuk mendapatkan calon karyawan baru yang memiliki kualifikasi yang dibutuhkan. Untuk itu luangkan waktu cek ijazah online di Kemenristekdikti sebelum melamar pekerjaan.

error: